RENUNGAN TENTANG UMUR MANUSIA – UMUR KELIMA

Assalamulaikum…

Jumpa lagi kita hari ini. Dalam sibuk kita menunggu pengumuman barisan kabinet kerajaan yang baru,rasanya masih sempat kita pelajari bab kelima tentang umur.
Bab yang akan dibentangkan hari ini dalah bab yang terakhir dalam siri Renungan tentang umur manusia. Didalam bab-bab yang dahulu kita telah di memahami serba sedikit tentang arah dan tujaan sebenar kita dilahirkan didunia ini. dan perlu lah kita ingat walau dalam keadaan mana pun kita kini baik kaya, miskin, sakit ataupun sihat kita masih lagi hamba kepada Allah S.W.T.

Di dalam bab yang kelima atau yang terakhir ini akan diterangkan kemana kita akan berada selepas kita dihisab di padang masyar nanti. Adakah kita ini tergolong dalam golongan ahli syurga atau neraka. Tepuk dada tanyalah iman anda…

…………………………………………………………………………..

5. UMUR KELIMA

Neraka

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami nanti akan Kami masukkan ke dalam neraka, setiap kali kulit mereka hangus akan Kami ganti dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan siksaan. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. 4:56)

“Dan orang-orang kafir, untuk mereka disediakan neraka Jahannam, tiada diputuskan perkara mereka hingga mereka mati, dan tidak pula diringankan dari mereka siksaannya. Begitulah Kami memberi balasan pada setiap orang yang sangat kafir. Didalamnya mereka berteriak (memohon pertolongan): ‘Wahai Tuhan Kami! Keluarkanlah kami, niscaya kami mengerjakan perbuatan saleh berlainan dari apa yang telah kami kerjakan dulu.’ (Tidak!)Kami telah memberi umur yang cukup untuk berpikir sehingga jika ada orang yang mau berpikir niscaya ia dapat mengambil peringatan, dan telah datang juga orang yang membawa peringatan kepada kamu…” (QS. 35:36-37)

“Sesungguhnya orang-orang yang berdosa itu akan kekal di dalam neraka Jahannam. Tidak akan diringankan azab (hukuman) dari mereka dan mereka di dalamnya berputus asa. Kami tidak menganiaya mereka, tapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri. Mereka menyeru:’Hai Malik! Biarlah Tuhanmu mengakhiri hidup kami saja!’ Malik menjawab: ‘Kamu akan tetap tinggal di sini!'” (QS. 43:74-77)

Rasulullah saw bersabda:
“Api kamu ini hanyalah satu bagian dari tujuhpuluh bagian api di neraka Jahannam.” Para sahabat mengatakan: “Yang inipun sudah cukup (beratnya)” Berkata Nabi: “Bahkan api neraka itu melebihi sebanyak enampuluh sembilan kali lipat panasnya dari api dunia.”

“Api neraka Jahannam telah dinyalakan seribu tahun sehingga menjadi merah. Kemudian dibakar lagi selama seribu tahun hingga menjadi putih. Kemudian dibakar lagi selama seribu tahun hingga menjadi hitam legam, seperti malam yang gelap gulita” (HR. Tirmidzi)

“Sesungguhnya penghuni neraka yang paling ringan siksaannya ialah orang yang diberi sepasang sandal yang talinya terbuat dari api neraka, lalu mendidihlah otaknya karena panasnya yang laksana air panas mendidih di dalam periuk. Dia mengira tiada seorangpun yang menerima siksaan lebih dahsyat dari itu, padahal dialah orang yang mendapat siksaan paling ringan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Ada di antara mereka yang dimakan api sampai ke mata kakinya, ada yang dimakan sampai pinggangnya dan ada pula yang dimakan sampai ke tenggorokannya.” “Wahai manusia sekalian, menangislah! Jika tidak dapat menangis, maka paksakan dirimu untuk menangis! karena sesungguhnya ahli neraka itu akan terus menangis hingga air matanya mengalir di pipi masing-masing, seperti air yang mengalir di sungai. Sampai air mata itu habis dan matanyapun pecah-pecah. Seandainya ada perahu yang diletakkan di situ niscaya berlayarlah dia.” (HR. Ibnu Majah)

“Ditimpakan atas penghuni nerak kelaparan, seberat azab yang sedang mereka alami. Lalu mereka minta agar diberi makanan, maka merekapun diberi makanan duri-duri layu yang tiada berguna dan tidak sedikitpun melepaskan mereka dari kelaparan itu. Mereka meminta lagi, maka mereka diberi pula makanan yang mencekikkan. Lalu mereka teringat bahwa mereka dahulu meneguk minuman untuk melancarkan kerongkongan di dunia, dan merekapun meminta minuman itu. Maka mereka diberi minuman neraka yang mendidih dengan pengait-pengait besi. Apabila didekatkan kemuka-muka mereka, maka hanguslah muka itu, dan apabila masuk kedalam perut-perut mereka, maka terkoyak-koyaklah perut mereka. Kemudian mereka memanggil-manggil para penjaga neraka Jahannam, dan merekapun ditanya oleh penjaga-penjaga itu:’Apakah tidak pernah datang rasul-rasul yang membawa keterangan kepada kamu?’ Mereka menjawab: ‘Bahkan ada!’ Penjaga-penjaga neraka berkata pula:’Kini berdo’alah! Dan tiadalah do’a orang-orang yang kafir itu melainkan sia-sia belaka!” (HR. Tirmidzi)

Diriwayatkan bahwa di dalam neraka itu terdapat ular-ular yang bertengkuk tinggi seperti unta Khurasan dan kalajengking-kalajengking sebesar keledai. Dengan sekali sengat saja, bisanya yang menyakitkan tidak akan hilang selama empatpuluh tahun. Apabila dicurahkan satu ember air busuk dari neraka ke atas dunia, niscaya ia akan membusukkan seluruh penghuni dunia. Kalau satu tetes air buah Zaqqum jatuh ke dunia, niscaya ia akan merusakkan makanan manusia di dunia secara keseluruhan. Jika seorang penghuni neraka turun ke dunia, niscaya seluruh penghuni dunia akan mati karena tidak tahan mencium bau busuknya dan menyaksikan buruk rupanya. (HR. Tirmidzi)

Pintu-pintu neraka itu terdiri dari tujuh pintu sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an: “Neraka itu mempunyai tujuh pintu, tiap-tiap pintu daripadanya adalah bagian yang sudah ditentukan” (QS. 15:44) Neraka terdiri dari tujuh lapisan yang satu dibawah yang lain:

1. Jahannam
2. Saqar
3. Ladza
4. Huthamah
5. Sa’iir
6. Hawiyah, neraka yang tidak berdasar dan berujung

semakin ke bawah neraka tersebut diatas semakin berat siksaan dan lebih dahsyat azab yang ada di dalamnya.

Sedangkan penghuni neraka terdiri dari dua bagian:

1. Mereka yang termasuk ahli tauhid yang berdosa. Orang-orang ini tidak kekal didalamnya tetapi mereka akan dikeluarkan dari neraka dengan syafaat Nabi saw , diriwayatkan bahwa orang yang paling akhir keluar daripadanya ialah mereka yang tinggal selama tujuhribu tahun.

2. Orang-orang yang kafir kepada Allah, dan orang-orang musyrikin serta kaum munafiqin yang berpura-pura beriman dengan lidahnya, tetapi menyembunyikan kekafiran di dalam hati.

Firman Allah: “Sesungguhnya orang-orang kafir dan meninggal dunia dalam keadaan kafir, maka mereka akan mendapat kutukan dari Allah, malaikat dan manusia seluruhnya. Mereka kekal di dalam neraka; tidak akan diringankan siksa dari mereka dan tidak pula diperhatikan” (QS. 2:161-162) “…Sesungguhnya siapa yang mempersekutukan Allah, niscaya Allah mengharamkan surga baginya dan tempatnya ialah dalam neraka. dan orang-orang yang zalim tidak akan mempunyai penolong” (QS. 5:72) Diriwayatkan bahwa gigi orang kafir di dalam neraka itu sebesar gunung Uhud, tebal kulitnya empatpuluh dua hasta dan ia akan menyeret lidahnya sampai satu atau dua farsakh, semua orang yang lalu di situ akan menginjak lidah itu. Allah SWT membesarkan tubuh orang-orang kafir itu didalam neraka supaya bertambah siksaan, penderitaan dan hukuman bagi mereka (HR. Muslim)

Surga

“Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman serta mengerjakan perbuatan baik, bahwasannya bagi mereka (disediakan) surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya. Setiap mereka diberi bermacam-macam buah-buahan di dalam surga itu sebagai rezeki, mereka mengatakan: ‘Inilah yang pernah kita terima dahulu!’ Mereka diberi buah-buahan serupa dan untuk mereka di dalam surga itu pasangan-pasangan yang suci bersih dan mereka kekal di dalamnya.” (QS. 2:25)

QS Ar-Rahman : 46 –
Dan bagi orang yang takut saat menghadap Rabbnya ada dua surga . (QS. 55:46)
Maka ni’mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:47) (Selanjutnya ayat serupa disingkat : MnR kymykd?)
kedua surga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan. (QS. 55:48) MnR kymykd?(QS. 55:49)
Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir. (QS. 55:50) MnR kymykd? (QS. 55:51)
Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasang-pasangan. (QS. 55:52) MnR kymykd(QS. 55:53)
Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutra (QS. 55:54) MnR kymykd(QS. 55:55)
Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin (QS. 55:56) MnR kymykd(QS. 55:57)
Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan (QS. 55:58) MnR kymykd(QS. 55:59)
Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula). (QS. 55:60) MnR kymykd(QS. 55:61)
Dan selain dari surga itu ada dua surga lagi . (QS. 55:62) MnR kymykd(QS. 55:63)
kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya. (QS. 55:64) MnR kymykd(QS. 55:65)
Di dalam kedua surga itu ada dua mata air yang memancar. (QS. 55:66) MnR kymykd(QS. 55:67)
Di dalam keduanya ada (macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima. (QS. 55:68) MnR kymykd(QS. 55:69)
Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik. (QS. 55:70) MnR kymykd(QS. 55:71)
(Bidadari-bidadari yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah. (QS. 55:72) MnR kymykd(QS. 55:73)
Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin. (QS. 55:74) MnR kymykd(QS. 55:75)
Mereka bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani yang indah. (QS. 55:76) MnR kymykd (QS. 55:77)
Maha Agung nama Rabbmu Yang Mempunyai Kebesaran dan Karunia. (QS. 55:78)

Surat 39:73-75
Dan orang-orang yang bertaqwa kepada Rabbnya dibawa ke surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: “Kesejahtera (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya” (QS. 39:73)
Dan mereka mengucapkan: “Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah (memberi) kepada kami tempat ini sedang kami (diperkenankan) menempati tempat dalam surga di mana saja kami kehendaki”. Maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal. (QS. 39:74)
Dan kamu (Muhammad) akan melihat melaikat-malaikat berlingkar disekeliling ‘Arsy bertasbih sambil memuji Rabb-nya; dan diberi putusan di antara hamba-hamba Allah dengan adil dan diucapkan: “Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam”. (QS. 39:75)

Waqi’ah:10-40
Dan orang-orang yang paling dahulu beriman (QS. 56:10)
Mereka itulah orang yang didekatkan (kepada Allah). (QS. 56:11)
Berada dalam surga-surga keni’matan (QS. 56:12)
Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu, (QS. 56:13)
dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian . (QS. 56:14)
Mereka berada di atas dipan yang bertahtahkan emas dan permata, (QS. 56:15)
seraya bertelekan di atasnya berhadap-hadapan. (QS. 56:16)
Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda, (QS. 56:17)
Dengan membawa gelas, cerek dan sloki (piala) berisi minuman yang diambil dari mata air yang mengalir, (QS. 56:18)
mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk, (QS. 56:19)
dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, (QS. 56:20)
dan daging burung dari apa yang mereka inginkan. (QS. 56:21)
Dan (di dalam surga itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli, (QS. 56:22)
laksana mutiara yang tersimpan baik. (QS. 56:23)
Sebagai balasan bagi apa yang telah mereka kerjakan. (QS. 56:24)
Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa (QS. 56:25)
akan tetapi mereka mendengar ucapan salam. (QS. 56:26)
Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. (QS. 56:27)
Berada diantara pohon bidara yang tidak berduri, (QS. 56:28)
dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), (QS. 56:29)
dan naungan yang terbentang luas, (QS. 56:30)
dan air yang tercurah, (QS. 56:31)
dan buah-buahan yang banyak, (QS. 56:32)
Yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya, (QS. 56:33)
dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk. (QS. 56:34)
Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung , (QS. 56:35)
dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan, (QS. 56:36)
penuh cinta lagi sebaya umurnya, (QS. 56:37)
(Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan, (QS. 56:38)
(yaitu) segolongan besar dari orang-orang terdahulu, (QS. 56:39)
(dan segolongan besar pula dari orang-orang yang kemudian.). (QS. 56:40)

Banyak sekali ayat-ayat lain yang menjelaskan tentang kehidupan di surga beberapa diantaranya adalah: ; ; Ad-Dahr:5-22 ; Az-Zukhruf:70-73 ; Ad-Dukhan:51-57 ; Muhammad:15; Fathir:33-35; Qaf:31-35 ; Al-Qamar:54-55

Rasulullah saw bersabda: “Allah SWT berfirman: ‘Aku sediakan untuk hamba-hambaku yang saleh sesuatu yang tidak pernah dilihat oleh mata atau didengar oleh telinga dan tidak pula pernah terlintas di hati siapapun’. Kalau kalian ingin, bacalah (QS. 32:17) ‘Seorangpun tiada mengetahui kenikmatan penyedap mata yang disembunyikan untuk mereka, sebagai balasanatas apa yang telah mereka kerjakan.” (Hadist Qudsi)
“Dua surga, bejana-bejana di dalamnya terbuat dari perak dan dua surga lagi, bejana-bejana di dalamnya terbuat dari emas. Ketika itu tiada tabir apapun antara penghuni-penghuni surga ‘Adn dengan Tuhan mereka selain ‘pakaian’ kebesaran Allah di wajah-Nya” (HR. Bukhari, Muslim)

“Di surga ada seratus tingkatan antara satu tingkatan dengan yang lain sama seperti antara langit dan bumi. Surga Firdauslah yang paling tinggi, dan daripadanyalah terpancar keempat sungai dalam surga, dan diatasnya pula terletak ‘Arsy Tuhan yang mulia. karena itu jika kamu memohon kepada Allah, mintalah surga Firdaus.” (HR. Bukhari dan Tirmidzi)

Dalam suatu peristiwa, pernah Rasulullah saw. ditanya: “Apakah Kautsar itu ..?” Beliau menjawab: “Itulah sungai di surga yang dikaruniakan Allah kepadaku, airnya lebih putih dari susu, lebih manis dari madu, dikelilingi oleh burung-burung yang bertengkuk seperti onta.” Berkata Umar: “Sungguh ini suatu kemewahan” Jawab Rasulullah saw:”Orang yang meneguknya merasakan kemewahan lebih dari itu.” (HR. Tirmidzi)

Berkata Rasulullah saw:”Aku telah bertemu dengan Ibrahim as. pada malam Isra’ maka beliau berkata: ‘Wahai Muhammad, sampaikanlah salamku kepada umatmu dan beritahukan kepada mereka, bahwa surga itu tanahnya subur, airnya tawar dan buminya rata, sedang tanamannya ialah ‘Subhanallah Walhamdu-Lillah Walaa Ilaaha Illallah Wallahu Akbar’ Lanjut beliau: “Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat beberapa kamar, dapat dilihat luarnya dari dalam dan dapat dilihat dalamnya dari luar” maka seorang badwi bangkit bertanya: “Untuk siapakah itu ya Rasulullah?” Jawab beliau : “Untuk orang yang berbicara dengan baik, memberi makan kepada yang membutuhkan, sering berpuasa dan bangun malan untuk bersembahyang di waktu manusia sedang tidur nyenyak.” (HR. Abu Nu’aim)

Bersabda Rasulullah saw: “Apabila penghuni-penghuni surga telah memasuki surga berkatalah Allah Tabaraka Wa Ta’ala: ‘Inginkah aku tambahkan lagi sesuatu yang lain bagimu?’ Mereka menjawab: ‘Bukankah telah Engkau masukkan kami kedalam surga dan telah Engkau selamatkan kami dari api neraka?’ Pada saat itu hijab (tabir penutup) pun terangkat, maka tiada suatu yang lebih utama daripada nikmat melihat wajah Tuhan mereka Azza Wa Jalla” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Abu Hurairah ra. berkata: “Wahai Rasulullah! Apakah kami akan melihat Tuhan kami? jawab beliau:”Ya. Apakah kamu masih ragu tentang penglihatan terhadap matahari dan bulan?” Kami sekalian menjawab: “Tidak!” kata beliau seterusnya: “Demikianlah kamu tidak akan ragu lagi tentang penglihatan terhadap Tuhan kamu. Di Majlis itu kelak tiada seorangpun berada di sana, melainkan Allah akan berkata kepada mereka : ‘Wahai Fulan bin Fulan!’ Ingatkah kau di hari itu, kau berkata begini dan begini, lalu Dia mengingatkan orang itu sebagian kesalahannya di dunia dahulu. Maka orang itu akan berkata: ‘Tidakkah Engkau mengampuniku?’ berkata Allah: ‘Tentu! kalau tidak karena keluasan ampunan-Ku, niscaya kau tidak akan mencapai kedudukan ini.’ Sedang mereka dalam keadaan begitu, beraraklah awan di atas kepala mereka sekalian, tiada pernah mereka hirup bau-bauan seperti itusebelumnya. maka Allah berkata: ‘Bangkitlah dan pergilah melihat anugerah besar apa yang telah Aku sediakan untuk kamu, ambillah apa saja yang kamu ingini!’ Mereka bangkit mendapatkan suatu pasar yang telah dikelilingi oleh para malaikat, tidak pernah mata mereka melihat, tidak pernah telinga mereka mendengar dan tidak pernah terlintas sesuatu seperti itu di dalam hati mereka. Mereka lalu berebut mengambil apa saja yang mereka ingini, tanpa dijual atau dibeli. Disitulah ahli-ahli surga akan bertemu satu sama lain. Orang yang mendapat kedudukan tinggi di surga akan menemui orang-ornag yang dibawahnya. Orang yang ditemui itu ada kalanya akan terharu melihat pakaian teman yang datang menemuinya. Belum sempat habis berbicara dengannya, tiba-tiba pakaian yang diatas tubuhnya itu ditukar dengan pakaian lain yang lebih cantik dan lebih menarik lagi. hal ini terjadi supaya tiada seorangpun yang berduka cita di dalam surga.” (HR. Tirmidzi)

“Katakanlah: Wahai hambaku-hamba-Ku yang telah melampaui batas dalam perbuatan dosa dan menganiaya dirinya sendiri. Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya Allah mengampuni segala dosa, dan sesungguhnya Dia adalah maha Pengampun lagi maha Penyayang.” (QS. 39:53)

“Telah diturunkan oleh Allah SWT, satu bagian dari seratus bagian rahmat-Nyadan disebarkan-Nya di antara manusia, jin, burung, binatang-binatang, ulat-ulat sekalian mahluk-Nya yang dengannya mereka saling meminta dan berkasih sayang. Dan sembilanpuluh sembilan rahmat yang lain disimpan-Nya untuk dirahmatkan bagi semua hambanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

Diriwayatkan bila datang hari kiamat, Allah akan mengeluarkan sebuah kitab dari bawah ‘Arsy tertera di dalamnya: “Sesungguhnya rahmat-Ku mendahului kemurkaan-Ku dan Aku adalah Yang paling Pengasih dari sekalian pengasih,” lalu dikeluarkan dari neraka sebanyak bilangan ahli surga. (HR. Bukhari, Muslim)

“Sebenarnya Allah SWT lebih menyayangi hamban-Nya yang mukmin daripada sayangnya seorang ibu kepada anaknya.” (HR. Bukhari, Muslim)

“Siapa yang bersaksi bahwa ‘tiada Tuhan melainkan Allah dan bahwasannya Muhammad adalah pesuruh Allah’, maka jasadnya akan diharamkan oleh Allah dari api neraka.” (HR. Muslim)

“Suatu suara akan menyeru dari bawah ‘Arsy di hari kiamat: “Wahai umat Muhammad, semua kesalahanmu terhadap-Ku telah Aku ampuni, yang tinggal kini hanyalah kesalahan-kesalahan diantara kamu, maka bermaaf-maafkanlah kamu, dan masuklah kamu semua ke dalam surga dengan rahmatKu.” (HR. Abu Nu’aim)

” …Dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu …” (QS. 7:156)

One Response

  1. Surga

    “Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman serta mengerjakan perbuatan baik, bahwasannya bagi mereka (disediakan) surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya. Setiap mereka diberi bermacam-macam buah-buahan di dalam surga itu sebagai rezeki, mereka mengatakan: ‘Inilah yang pernah kita terima dahulu!’ Mereka diberi buah-buahan serupa dan untuk mereka di dalam surga itu pasangan-pasangan yang suci bersih dan mereka kekal di dalamnya.” (QS. 2:25)

    QS Ar-Rahman : 46 –
    Dan bagi orang yang takut saat menghadap Rabbnya ada dua surga . (QS. 55:46)
    Maka ni’mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:47) (Selanjutnya ayat serupa disingkat : MnR kymykd?)
    kedua surga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan. (QS. 55:48) MnR kymykd?(QS. 55:49)
    Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir. (QS. 55:50) MnR kymykd? (QS. 55:51)
    Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasang-pasangan. (QS. 55:52) MnR kymykd(QS. 55:53)
    Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutra (QS. 55:54) MnR kymykd(QS. 55:55)
    Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin (QS. 55:56) MnR kymykd(QS. 55:57)
    Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan (QS. 55:58) MnR kymykd(QS. 55:59)
    Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula). (QS. 55:60) MnR kymykd(QS. 55:61)
    Dan selain dari surga itu ada dua surga lagi . (QS. 55:62) MnR kymykd(QS. 55:63)
    kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya. (QS. 55:64) MnR kymykd(QS. 55:65)
    Di dalam kedua surga itu ada dua mata air yang memancar. (QS. 55:66) MnR kymykd(QS. 55:67)
    Di dalam keduanya ada (macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima. (QS. 55:68) MnR kymykd(QS. 55:69)
    Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik. (QS. 55:70) MnR kymykd(QS. 55:71)
    (Bidadari-bidadari yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah. (QS. 55:72) MnR kymykd(QS. 55:73)
    Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin. (QS. 55:74) MnR kymykd(QS. 55:75)
    Mereka bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani yang indah. (QS. 55:76) MnR kymykd (QS. 55:77)
    Maha Agung nama Rabbmu Yang Mempunyai Kebesaran dan Karunia. (QS. 55:78)

    Surat 39:73-75
    Dan orang-orang yang bertaqwa kepada Rabbnya dibawa ke surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: “Kesejahtera (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya” (QS. 39:73)
    Dan mereka mengucapkan: “Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah (memberi) kepada kami tempat ini sedang kami (diperkenankan) menempati tempat dalam surga di mana saja kami kehendaki”. Maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal. (QS. 39:74)
    Dan kamu (Muhammad) akan melihat melaikat-malaikat berlingkar disekeliling ‘Arsy bertasbih sambil memuji Rabb-nya; dan diberi putusan di antara hamba-hamba Allah dengan adil dan diucapkan: “Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam”. (QS. 39:75)

    Waqi’ah:10-40
    Dan orang-orang yang paling dahulu beriman (QS. 56:10)
    Mereka itulah orang yang didekatkan (kepada Allah). (QS. 56:11)
    Berada dalam surga-surga keni’matan (QS. 56:12)
    Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu, (QS. 56:13)
    dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian . (QS. 56:14)
    Mereka berada di atas dipan yang bertahtahkan emas dan permata, (QS. 56:15)
    seraya bertelekan di atasnya berhadap-hadapan. (QS. 56:16)
    Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda, (QS. 56:17)
    Dengan membawa gelas, cerek dan sloki (piala) berisi minuman yang diambil dari mata air yang mengalir, (QS. 56:18)
    mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk, (QS. 56:19)
    dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, (QS. 56:20)
    dan daging burung dari apa yang mereka inginkan. (QS. 56:21)
    Dan (di dalam surga itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli, (QS. 56:22)
    laksana mutiara yang tersimpan baik. (QS. 56:23)
    Sebagai balasan bagi apa yang telah mereka kerjakan. (QS. 56:24)
    Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa (QS. 56:25)
    akan tetapi mereka mendengar ucapan salam. (QS. 56:26)
    Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. (QS. 56:27)
    Berada diantara pohon bidara yang tidak berduri, (QS. 56:28)
    dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), (QS. 56:29)
    dan naungan yang terbentang luas, (QS. 56:30)
    dan air yang tercurah, (QS. 56:31)
    dan buah-buahan yang banyak, (QS. 56:32)
    Yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya, (QS. 56:33)
    dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk. (QS. 56:34)
    Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung , (QS. 56:35)
    dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan, (QS. 56:36)
    penuh cinta lagi sebaya umurnya, (QS. 56:37)
    (Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan, (QS. 56:38)
    (yaitu) segolongan besar dari orang-orang terdahulu, (QS. 56:39)
    (dan segolongan besar pula dari orang-orang yang kemudian.). (QS. 56:40)

    Banyak sekali ayat-ayat lain yang menjelaskan tentang kehidupan di surga beberapa diantaranya adalah: ; ; Ad-Dahr:5-22 ; Az-Zukhruf:70-73 ; Ad-Dukhan:51-57 ; Muhammad:15; Fathir:33-35; Qaf:31-35 ; Al-Qamar:54-55

    Rasulullah saw bersabda: “Allah SWT berfirman: ‘Aku sediakan untuk hamba-hambaku yang saleh sesuatu yang tidak pernah dilihat oleh mata atau didengar oleh telinga dan tidak pula pernah terlintas di hati siapapun’. Kalau kalian ingin, bacalah (QS. 32:17) ‘Seorangpun tiada mengetahui kenikmatan penyedap mata yang disembunyikan untuk mereka, sebagai balasanatas apa yang telah mereka kerjakan.” (Hadist Qudsi)
    “Dua surga, bejana-bejana di dalamnya terbuat dari perak dan dua surga lagi, bejana-bejana di dalamnya terbuat dari emas. Ketika itu tiada tabir apapun antara penghuni-penghuni surga ‘Adn dengan Tuhan mereka selain ‘pakaian’ kebesaran Allah di wajah-Nya” (HR. Bukhari, Muslim)

    “Di surga ada seratus tingkatan antara satu tingkatan dengan yang lain sama seperti antara langit dan bumi. Surga Firdauslah yang paling tinggi, dan daripadanyalah terpancar keempat sungai dalam surga, dan diatasnya pula terletak ‘Arsy Tuhan yang mulia. karena itu jika kamu memohon kepada Allah, mintalah surga Firdaus.” (HR. Bukhari dan Tirmidzi)

    Dalam suatu peristiwa, pernah Rasulullah saw. ditanya: “Apakah Kautsar itu ..?” Beliau menjawab: “Itulah sungai di surga yang dikaruniakan Allah kepadaku, airnya lebih putih dari susu, lebih manis dari madu, dikelilingi oleh burung-burung yang bertengkuk seperti onta.” Berkata Umar: “Sungguh ini suatu kemewahan” Jawab Rasulullah saw:”Orang yang meneguknya merasakan kemewahan lebih dari itu.” (HR. Tirmidzi)

    Berkata Rasulullah saw:”Aku telah bertemu dengan Ibrahim as. pada malam Isra’ maka beliau berkata: ‘Wahai Muhammad, sampaikanlah salamku kepada umatmu dan beritahukan kepada mereka, bahwa surga itu tanahnya subur, airnya tawar dan buminya rata, sedang tanamannya ialah ‘Subhanallah Walhamdu-Lillah Walaa Ilaaha Illallah Wallahu Akbar’ Lanjut beliau: “Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat beberapa kamar, dapat dilihat luarnya dari dalam dan dapat dilihat dalamnya dari luar” maka seorang badwi bangkit bertanya: “Untuk siapakah itu ya Rasulullah?” Jawab beliau : “Untuk orang yang berbicara dengan baik, memberi makan kepada yang membutuhkan, sering berpuasa dan bangun malan untuk bersembahyang di waktu manusia sedang tidur nyenyak.” (HR. Abu Nu’aim)

    Bersabda Rasulullah saw: “Apabila penghuni-penghuni surga telah memasuki surga berkatalah Allah Tabaraka Wa Ta’ala: ‘Inginkah aku tambahkan lagi sesuatu yang lain bagimu?’ Mereka menjawab: ‘Bukankah telah Engkau masukkan kami kedalam surga dan telah Engkau selamatkan kami dari api neraka?’ Pada saat itu hijab (tabir penutup) pun terangkat, maka tiada suatu yang lebih utama daripada nikmat melihat wajah Tuhan mereka Azza Wa Jalla” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

    Abu Hurairah ra. berkata: “Wahai Rasulullah! Apakah kami akan melihat Tuhan kami? jawab beliau:”Ya. Apakah kamu masih ragu tentang penglihatan terhadap matahari dan bulan?” Kami sekalian menjawab: “Tidak!” kata beliau seterusnya: “Demikianlah kamu tidak akan ragu lagi tentang penglihatan terhadap Tuhan kamu. Di Majlis itu kelak tiada seorangpun berada di sana, melainkan Allah akan berkata kepada mereka : ‘Wahai Fulan bin Fulan!’ Ingatkah kau di hari itu, kau berkata begini dan begini, lalu Dia mengingatkan orang itu sebagian kesalahannya di dunia dahulu. Maka orang itu akan berkata: ‘Tidakkah Engkau mengampuniku?’ berkata Allah: ‘Tentu! kalau tidak karena keluasan ampunan-Ku, niscaya kau tidak akan mencapai kedudukan ini.’ Sedang mereka dalam keadaan begitu, beraraklah awan di atas kepala mereka sekalian, tiada pernah mereka hirup bau-bauan seperti itusebelumnya. maka Allah berkata: ‘Bangkitlah dan pergilah melihat anugerah besar apa yang telah Aku sediakan untuk kamu, ambillah apa saja yang kamu ingini!’ Mereka bangkit mendapatkan suatu pasar yang telah dikelilingi oleh para malaikat, tidak pernah mata mereka melihat, tidak pernah telinga mereka mendengar dan tidak pernah terlintas sesuatu seperti itu di dalam hati mereka. Mereka lalu berebut mengambil apa saja yang mereka ingini, tanpa dijual atau dibeli. Disitulah ahli-ahli surga akan bertemu satu sama lain. Orang yang mendapat kedudukan tinggi di surga akan menemui orang-ornag yang dibawahnya. Orang yang ditemui itu ada kalanya akan terharu melihat pakaian teman yang datang menemuinya. Belum sempat habis berbicara dengannya, tiba-tiba pakaian yang diatas tubuhnya itu ditukar dengan pakaian lain yang lebih cantik dan lebih menarik lagi. hal ini terjadi supaya tiada seorangpun yang berduka cita di dalam surga.” (HR. Tirmidzi)

    “Katakanlah: Wahai hambaku-hamba-Ku yang telah melampaui batas dalam perbuatan dosa dan menganiaya dirinya sendiri. Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya Allah mengampuni segala dosa, dan sesungguhnya Dia adalah maha Pengampun lagi maha Penyayang.” (QS. 39:53)

    “Telah diturunkan oleh Allah SWT, satu bagian dari seratus bagian rahmat-Nyadan disebarkan-Nya di antara manusia, jin, burung, binatang-binatang, ulat-ulat sekalian mahluk-Nya yang dengannya mereka saling meminta dan berkasih sayang. Dan sembilanpuluh sembilan rahmat yang lain disimpan-Nya untuk dirahmatkan bagi semua hambanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

    Diriwayatkan bila datang hari kiamat, Allah akan mengeluarkan sebuah kitab dari bawah ‘Arsy tertera di dalamnya: “Sesungguhnya rahmat-Ku mendahului kemurkaan-Ku dan Aku adalah Yang paling Pengasih dari sekalian pengasih,” lalu dikeluarkan dari neraka sebanyak bilangan ahli surga. (HR. Bukhari, Muslim)

    “Sebenarnya Allah SWT lebih menyayangi hamban-Nya yang mukmin daripada sayangnya seorang ibu kepada anaknya.” (HR. Bukhari, Muslim)

    “Siapa yang bersaksi bahwa ‘tiada Tuhan melainkan Allah dan bahwasannya Muhammad adalah pesuruh Allah’, maka jasadnya akan diharamkan oleh Allah dari api neraka.” (HR. Muslim)

    “Suatu suara akan menyeru dari bawah ‘Arsy di hari kiamat: “Wahai umat Muhammad, semua kesalahanmu terhadap-Ku telah Aku ampuni, yang tinggal kini hanyalah kesalahan-kesalahan diantara kamu, maka bermaaf-maafkanlah kamu, dan masuklah kamu semua ke dalam surga dengan rahmatKu.” (HR. Abu Nu’aim)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: